Pages

Pemacu Untuk Terus Blogging

Selasa, 11 Maret 2014
Awalnya saya cuman ikut-ikutan teman sekelas saya yang punya blog. Saya melihat pada saat itu ngeblog itu suatu hal yang unik, soalnya jarang teman-teman di daerah saya yang suka ngeblog. Bisa dibilang ngeblog menjadi suatu nilai tambah dalam diri saya.

Ketika itu saya terus mempelajari tentang blog, dari mulai desain-desain blog seperti pasang segala macam gadget/widget dan menghias-hias blog. Saat itu tujuannya adalah blog saya bisa lebih bagus dari blog teman saya.

Kegiatan ngeblog tak lepas dari yang namanya blogwalking, artinya mengunjungi blog blogger yang lain. Ya, saya juga seringkali blogwalking membaca blog orang lain, dulu saya ingat sekali betapa bingungnya saya mendengar istilah pageviews, SEO, backlink, dan kawan-kawannya di sela-sela saya sedang mencari pernak-pernik buat blog. Suatu kesempatan, saya membaca sebuah topik dalam beberapa blog tentang cara meningkatkan jumlah pengunjung blog. Saya penasaran, kemudian menekuni topik tersebut. Tujuan saya saat itu agar blog saya terlihat semakin keren di mata teman-teman saya.

Di tengah jalan ketika saya semakin menekuni yang namanya blogging, teman-teman saya tidak melanjutkan aktivitas ini lagi. Teman yang satu punya alasan sudah mulai bosan. Yang satunya lagi karena tidak ada akses internet kala itu di tempatnya. Walaupun begitu saya tetap semangat ngeblog, karena pada saat itu saya baru benar-benar mengetahui cara menambah pendapatan lewat blog. Tahu hal itu saya semakin senang dan menekuni dunia blog.

Saya mulai membeli banyak buku yang berbau ilmu-ilmu blog. Kemudian ilmu saya bertambah, saya mulai mengerti pageviews, SEO, backlink, traffic, social bookmarking, alexa, pagerank, dofollow, script, adsense, ppc, pokoknya banyak deh. Jika sekilas blog itu seperti mudah tinggal bikin tulisan kemudian publikasikan di blog, tapi tidak sesederhana itu. Kalau anda baca sana-sini, ada banyak hal yang harus dipelajari.

Setelah itu tujuanku cuman yaitu meningkatkan traffic dan mendapatkan uang. Tapi oh ternyata, setelah mendalami tentang seni meraup uang lewat blog, ternyata itu juga bukanlah suatu yang gampang. Setidaknya kita harus punya yang namanya banyak pengalaman terlebih dahulu dalam dunia blog, ketika itulah kita bisa mendapatkan uang dari blog. Walaupun begitu saya tidak putus asa, malah saya semakin kepicut untuk terus ngeblog.

Dalam perjalanan waktu, tak terasa saya menjadi lebih tahu lagi tentang dunia blog, lewat baca sana-sini. Saya sadar selain uang, ternyata ada manfaat lain dari aktivitas ini yaitu ilmunya, ya itu benar. Banyak ilmu yang saya dapat, karena saya membaca blog sana website situ, ilmu saya semakin bertambah, saya jadi tahu hal ini dan hal itu.

Menyadari hal itu jadi saya tetap bertekad untuk terus ngeblog, supaya wawasan berpikir saya semakin hari semakin bertambah. Kosa kata semakin bertambah. Dan skill menulis juga semakin terasah, walaupun saya masih merasa kurang dalam hal ini sampai saat ini.

Semangat ngeblog tetap saya tunjukkan, walau kadang kesibukan lain menyempitkan kesempatan membuat tulisan. Saat ini saja saya sedang sibuk dengan ujian praktek dan ujian akhir sekolah, kemudian segala persiapan untuk menyambut ujian nasional. Walaupun begitu yang namanya blogger baik, tetap mengurus blognya. Ibarat majikan dan hewan peliharaan, majikan yang baik, selalu memberi makan hewan peliharaannya. Saya menganggap blog adalah suatu nilai tambah dalam hidup saya, jadi saya harus rajin mengurus blog ini.
“Orang sukses memang tidak selamanya menciptakan keputusan yang benar. Tetapi, mereka memusatkan perhatian pada upaya menciptakan keputusan yang benar melalui fleksibilitas dan komitmen.” – Ralph Marstone



9 komentar:

  1. Wah sepertinya saya harus banyak belajar tentang istilah perngeblogan kepada Abang Goyes deh masak iya 4 tahun ngeblog cuma paham back link sama page rank dowang haha.. do follow no follow aja masih gak ngerti wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, mba kurang blogwalking tuh, banyak membaca ya mba hehe

      Hapus
  2. beli buku tentang blogging, dibaca kan???? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibaca lha kak, masa dibeli cuman dipajang doang

      Hapus
  3. Rajin (mengurus blog) pangkal kaya ya bro....

    BalasHapus
  4. studi literaturnya utk nge-blog lbh lengkap neh, bisa dunk kapan-kapan dipinjami? eh...di ajarin dink

    BalasHapus
  5. Halo Yesaya... saya jadi penasaran kok rasa-rasanya saya ada di cerita ente ya, hehe. By the way, blog mu sudah berkembang pesat, selamat. Dan kali ini ane baru mulai lagi mengembangkan blog karena akhir-akhir ini saya suka mencurahkan isi pikiran lewat tulisan.

    Kunjungi juga blog ane ya Yes. Karena tidak boleh memasukan link aktif, jadi ketik saja nama ane, hehe. O ya, kapan-kapan ane mau main lah ke kosan ente, ane mau ngobrol-ngobrol tentang blog.

    BalasHapus

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih