Pages

Cara Menemukan Passion Kita

Kamis, 06 Maret 2014
Sebagian besar orang mengaku belum mengetahui cara menemukan passion mereka. Memang, untuk menemukan passion dalam diri sendiri tidaklah mudah. Menurut psikolog sekaligus pendiri Daily Meaning, Alexander Sriewijiono, passion terus berkembang seiring dengan perjalana hidup seseorang. Idealnya, penelusuran passion seseorang dimulai sejak masa kanak-kanak agar ia mampu melakukan segala seuatu dengan penuh gairah dan semangat.

Sayangnya, tidak semua orang tua mengetahui hal ini sehingga mereka cenderung mengabaikan hal-hal yang disukai oleh sang anak. Bahkan, tak jarang, orang tua memaksa anak untuk mengikuti berbagai les di luar sekolah untuk menunjang keberhasian mereka di bidang akademik, namun lupa menyalurkan hobi mereka.
Lantas, bagaimana cara menemukan dan mengembangkan passion yang anda miliki saat ini? Ada banyak pendapat mengenai hal ini. Berikut adalah cara yang dapat anda coba untuk menemukan dan mengembangka passion anda:

Ajukan beberapa pertanyaan pada diri sendiri. Untuk menemukan passion, tanyakan beberapa pertanyaan berikut kepada diri sendiri:

Kegiatan apa yang paling anda sukai?

Jangan pernah meremehkan hal-hal kecil. Oprah menyadari bahwa ia suka berbicara dan ia pun melakukan hal yang disukainya tersebut hingga menjadi seorang miliarder. Maka, tanyakan pada diri sendiri, kegiatan apa yang paling disukai dan asah passion anda di bidang tersebut.

Kegiatan apa yang bisa membuat anda rela melakukannya tanpa dibayar?

Apabila anda bersedia melakukan suatu kegiatan tanpa dibayar berarti anda sangat mencintai dan telah menemukan kenikmatan saat mengerjakan kegiatan tersebut. Hal ini menandakan bahwa anda menemukan suatu gairah dalam menjalankan kegiatan tersebut.

Kegiatan apa yang paling mudah anda lakukan?

Sebagaian menganggap bahwa menari adalah kegiatan yang mudah dilakukan, sebagian yang lain mengatakan bahwa merancang baju merupakan pekerjaan yang mudah sekaligus menyenangkan, bahkan ada pula yang beranggapan bahwa pekerjaan yang paling mudah adalah menjinakkan binatang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa masing-masing orang memiliki pandangan yang berbeda-beda bergantung passion mereka. Nah, sekarang, tanyakan pada diri sendiri, kegiatan apa yang menurut anda paling mudah dilakukan karena bisa jadi itulah passion annda yang sebenarnya.

Kegiatan apa yang paling membuat anda merasa asyik?

Tanyakan pada diri sendiri, kegiatan apa yang membuat anda asyik hingga menjadi lupa waktu, makan, dan lain sebagainya. Jika anda berhasil menemukan jawabannya, anda patut bersyukur karena hal itu merupakan sebuah sinyal yang menandakan bahwa anda sudah dekat dengan passion yang dicari selama ini.

Topik apa yang paling membuat anda bersemangat?

Perlu diketahui bahwa topik yang dimaksud adalah topik yang benar-benar berbobot. Bila anda menemukan topik yang paling membuat anda bersemangat berarti anda selalu antusias membicarakannya. Dengan begitu, anda pasti menguasai topik tersebut secara mendalam.

Apa yang bisa mendongkrak rasa percaya diri anda?

Passion sering diartikan sebagai lentera jiwa, sehingga dapat membuat anda merasa percaya diri dan yakin terhadap kemampuan anda. Nah, tanyakan pada diri sendiri, apa yang bisa membuat rasa percaya diri anda terdongkrak.

Apa yang paling menonjol dalam diri anda sewaktu kecil?


Hal yang paling menonjol semasa kecil anda kemungkinan merupakan passion anda, sebab, anak kecil masih polos. Sehingga sering kali mampu menemukan hal-hal yang benar-benar disukai dalam hidupnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih