Pages

7 Hal Ini Penting Diingat Sebelum Anda Presentasi

Kamis, 16 Januari 2014
Terkadang ada beberapa hal yang bisa mengganggu kita saat lagi asyik presentasi, untuk mencegah beberapa hal itu kita perlu mengantisipasinya. Di bawah ini adalah 7 hal yang harus kita lakukan sebelum presentasi :

1. Jangan pernah bicara dengan perut kosong
Artinya sebelum kita presentasi alangkah baiknya kita masukkan energi. Masa sih kita mau ketika kita lagi asyik memaparkan, eh tiba-tiba perut kita keroncongan kemudian badan lemes terus jadi bad mood. Ini akan membuat kita gelisah dan semakin pusing. Kalau kita makan dengan cukup, pasti akan ada energi yang masuk, sehingga bisa digunakan untuk menopang diri sendiri dan menghibur audiens. Pastikanlah kita telah makan dengan cukup!

2. Sediakan sebotol air minum di dekat kita
Tak ada yang lebih buruk jika kita telah bersiap-siap, membuat audiens bersemangat, tapi akhirnya kita tak sanggup bicara. Menyediakan sebotol air minum di dekat podium atau area tempat presentasi akan membatu kalau-kalau kita mendapat serangan batuk tiba-tiba atau mulut kering akibat bicara terlalu banyak.

3. Gunakan mikrofon portable
Jika kita punya mikrofon portable atau audiens berjumlah sedikit, pastikan untuk berjalan ke tiap sisi dan memandang audiens. Hal itu akan menyuntikkan energi lebih pada presentasi dan menambahkan semangat ke dalam ruangan. Namun, hati-hati: terlalu banyak berjalan justru membuat audiends pusing melihat pembicara.

4. Selalu tiba 15-30 menit lebih awal
Jangan biarkan segala persiapan terbuang percuma! Datanglah awal dan periksa area presentasi serta sekelilingnya. Kuasai medan anda berdiri, agar anda tidak gugup jika berpresentasi nanti. Cek lagi apakah slide bekerja dengan baik? Apakah proyektornya bersih? Akrabkanlah diri kita dengan panggung dan podium.

5. Jika ada podium, gunakan! Tapi, jangan berlebihan
Podium dapat menjadi sahabat atau musuh terberat kita. Sisi positifnya adalah bahwa podium memungkinkan kita untuk menyimpan kerangka atau kartu indeks sehingga kita dapat dengan mudah menengoknya saat sedang berbicara. Kita juga dapat menyembunyikan separuh bawah tubuh sehingga kita tak perlu khawatir untuk menggeserkan bobot tubuh. Sisi negatif podium, meski begitu, juga banyak. Kecendurungan untuk mencengkeram podium seperti kemudi mobil adalah hal yang lazim.

Tahan! Jaga tangan kita dari podium, dan terutama jangan berpegangan padanya kuat-kuat. Hal itu akan membuat kita terlihat gugup dan seperti amatir. Isu kedua tentang podium adalah bahwa benda itu selalu ada dengan mikrofon yang sudah terpasang. Bila hal itu terjadi, pastikan untuk menjaga posisi mulut kita kira-kira pada ketinggian yang sama dengan mikrofon agar suara sampai ke telinga audiens dengan intensitas yang sama. Yang lebih penting, pastikan kita menyesuaikan ketinggian mikrofon sebelum mulai berbicara.

6. Pastikan kita sudah pergi ke WC
Agar pada saat kita berpresentasi, kita tidak tiba-tiba mau kebelet ke WC. Jika hal itu terjadi, kejadian seperti itu akan menggangu jalannya presentasi. Nggak enak kan, kalo lagi bercerita eh tiba-tiba kebelet ke kamar kecil? Presentasi jadi kepotong deh. So, perhatikan hal ini juga!

7. Sering-seringlah tersenyum!
Seperti kata pepatah terkenal, “Roma tidak dibangun dalam sehari”, jalur menuju kemampuan berbicara di depan publik yang luar biasa akan membutuhkan waktu. Kita perlu menerobos rintangan yang membuat kita terjebak dalam zona nyaman. Mulailah mengambil segala peluang untuk berbicara. Para pembicara tidak dilahirkan; mereka diciptakan. Kuasailah materi presentasi. Dan selalu ingat dua elemen persiapan yang bagus.

2 komentar:

  1. keren nih,gue dikampus suka banget tampil didepan baik itu debat atau presentasi, yang jadi masalah biasanya sih lupa bawa air minum,apalagi kalo tmn2 banyak yg tanya atau nyanggah haha
    kunjungi juga blog gue ya gan http://mahasiswadancobaan.blogspot.com #blogwalking :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap meluncur kesana, thanks sudah berkunjung

      Hapus

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih