Pages

Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Sabtu, 13 Juli 2013
Keuntungan Menjadi Seorang BlogggerKak, blogger itu apaan sih? Blogger itu orang yang punya blog. Lantas, apa itu blog?  Ok, akan saya jelaskan sepintas. Blog itu kepanjangan dari Web LOG, yang artinya catatan-catatan pribadi dan artikel yang dituliskan pada sebuah web. Bisa dibilang blog itu buku harian online. Seiring perkembangan pemikiran dan teknologi informatika, maka fungsi blog pun semakin meluas, jadi sekarang fungsi blog bukan hanya sebagai buku harian tapi bisa juga sebagai toko online, berbagi tips/trik/informasi, atau bahkan bisa digunakan untuk kampanye politik. Dari fungsi-fungsi blog itulah akan memberikan suatu keuntungan bagi kita.

Pertanyaannya adalah Apa sih keuntungannya menjadi blogger? Keuntungannya banyak lho, ok saya sebutkan satu per satu keuntungan menjadi blogger.

1.      Berbagi sejuta cerita
Seorang blogger bisa membagikan suatu  cerita uniknya, entah itu pengalaman hidup, karangan cerita, atau bahkan berupa curhatan. Bagi yang nggak punya buku harian mending nulis cerita hariannya di blog aja! Ini akan memudahkanmu untuk sharing kepada kawan-kawanmu. Kalau ada pengalaman-pengalaman yang unik, menarik, panjang, dan ada dokumentasi berupa photonya, mending dituliskan di sebuah blog. Pokoknya jika kamu nulis cerita di blog akan memudahkan kamu untuk menshare ceritamu tadi. Maksudnya jika kawanmu ingin membaca ceritamu, kamu cukup memberikan link atau URL blog artikel tadi mau lewat socmed (social media: facebook, twitter, dll) atau linknya ditulis di sebuah kertas. Banyak blogger yang memakai blognya sebagai pengganti diary dan menceritakan kisah-kisah hidupnya.

Kalau anda seorang penulis atau suka bahkan hobby menulis tidak ada salahnya menulis cerita-certita karangan anda ke dalam sebuah blog. Jika anda menuliskannya di blog orang banyak pun bisa menilai cerita karangan anda. Atau barangkali ada publisher yang kebetulan baca tuh cerita, wah! anda bakalan jadi penulis kesohor. Banyak penulis-penulis zaman sekarang yang punya blog, bahkan ada yang tadinya seorang blogger, eh tiba-tiba terkenal sebagai seorang penulis itu karena tulisan di blognya dibuat kedalam suatu naskah kemudian di kirim ke publisher. Dan kayaknya seorang penulis tuh wajib punya blog.

Yang berbau-bau jurnalis pun banyak yang punya blog. Banyak yang saya lihat seorang jurnalis-jurnalis zaman sekarang punya blog. Biasanya nih para jurnalis-jurnalis buat blog pada platform blogdetik. Yang saya tahu mereka mempunyai blog untuk melatih penyajian berita (mungkin: sekedar analisa). Dan juga memang blognya untuk keperluan jurnalisitk seperti yang sekarang lagi hot-hotnya citizen journalism atau dalam indonesianya jurnalis warga. Tambahan, di luar negeri itu ada kode etik buat para blogger lho, itu karena blog memang banyak difungsikan sebagai media jurnalistik.

2.      Meluaskan wawasan pemikiran
Ini cukup penting. Blogger itu bisa dikatakan atau bahkan memang lebih dari sekedar kutu buku doang. Admin sendiri tadinya juga cuman seorang pembaca buku biasa yang setiap minggu mampir ke toko buku. Tapi setelah tahu tentang blog admin seperti naik kelas, admin menjadi jarang lagi ke toko buku. Ini dikarenakan admin sering membaca info-info lewat blog atau biasa disebut blogwalking dan juga tentunya googling. Tapi tentu saja baca buku itu tetap penting karena dalam buku sudah mencakup semua isi materi.

Banyak info yang belum kita ketahui ada di dalam blog. Wawasan pemikiran, bahasa, dan informasi lebih mudah didapatkan lewat sebuah internet yang artinya blogpun media yang akan memudahkan itu. Fakta-fakta unik, ilmu yang tidak kita dapatkan di sekolah, dan masih banyak lainnya. Intinya dalam blog banyak ilmu-ilmu yang belum kita ketahui. Dalam blog banyak sekali ilmu “liar”, trust me!


3.      Sharing is caring! Sharing is sexy!
Kalau mau menshare ilmu, tips, trik, panduan, nasihat, atau foto, saran saya tuliskan semua itu dalam sebuah blog. Karena ilmu, tips dsb tadi bisa dilihat banyak orang dan akan sebagai refrensi bagi mereka. Banyak tips, pengalaman dari seseorang yang bisa dibagikan lewat blog. Misal anda seorang pengusaha sukses dan kaya raya tapi anda seorang yang demam panggung, jadi anda tidak berani membuat suatu seminar. Tapi anda ingin sekali membagikan pengalaman dan tips berbisnis anda kepada orang banyak. Jika anda jeli, anda bisa saja memanfaatkan blog untuk berbagi pengalaman dan tips bisnis anda. Bahkan nantinya jika blog anda diminati banyak orang anda bisa menerbitkan sebuah buku dan juga menarik pundi-pundi uang dari blog (nanti akan saya jelaskan). Tidak hanya pengusaha anda seorang ibu rumah tangga bisa berbagi tips berumah tangga yang baik. Seorang pelajar bisa memeberikan tipsnya menjadi juara olimpiade. Siapapun anda dan mempunyai cara unik dan tips bagikanlah lewat blog anda. Berbagi ilmu itu sama saja kita membagikan uang kepada orang lain.

Guru yang cerdik dan pintar dan tentu melek teknologi. Bisa memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran yang interaktif. Blog  bisa sebagai media memberikan tugas, pr (pekerjaan rumah), cara penyelesaian suatu soal, bahkan berbagi soal kepada murid-muirdnya. Bahkan guru bisa memberikan motivasi kepada murid-muridnya, lewat blog berbagi kisah unik dan pengalaman. Sudah seharusnya blog sebagai media berbagi tips sukses apa saja yang kita lakukan dalam hidup ini. Ilmu itu dibagikan bukan disembunyikan.

4.      Menghasilkan uang

Tahukah kamu? Ada banyak blogger yang bisa menghasilkan 100 dollar hanya dalam sehari bahkan bisa lebih. Wow! Gimana caranya tuh yes? Ada banyak cara, tapi saya akan menjelaskan konsepnya. Dalam dunia blogging, menghasilkan uang dalam blog itu disebut moneytizing blog. Cara yang paling umum ialah blog kita dipasang sebuah iklan, ada iklan yang membayar per klik atau ppc (pay per click) atau cpc (cost per click) (harga ditentukan sang penyedia iklan), ada juga yang membayarnya per bulan (biasanya harga ditentukan yang empunya blog). Ada juga dengan cara jasa review prodak. Ikut program afiliasi. Membuat toko online. Ana juga bisa membuat suatu jasa, contoh jasa SEO, jasa copy writing, jasa desain blog. Tentunya ada banyak cara menghasilkan uang lewat blog jika anda cerdik, kreatif, dan bisa melihat kesempatan yang menguntungkan pasti anda bisa menghasilkan uang yang lebih
banyak lagi melalui blog. Cara lainnya ialah ikutan kontes SEO, kontes blogging, gift away, kuis, kontes desain blog, kontes menulis, atau mebuat kontesnya. Jika anda menyangka membuat kontes itu rugi anda salah besar. Dalam dunia bisnis membuat kontes itu cara branding perusahaan yang cukup ampuh tapi ini masih analisa saya, maklum saya juga mau terjun ke dunia bisnis, *eh kok malah curhat*. Kapan-kapan deh saya jelasin bahwa membuat kontes tuh emang nguntungi banget, apalagi kalau yang punya usaha. Nyari duit bisa dimana saja termasuk lewat blog.

5.      Melek teknologi
Admin dulu gaptek, admin inget bener dulu bikin e-mail aja ribet banget. Malah admin diajarin bikin e-mailnya sama teman admin umurnya 2 tahun dibawah admin. Tapi semenjak punya blog, admin suka blogwalking. Admin jadi banyak tahu tentang blog, sebuah website, komputer, laptop, gadget, internet. Banyak hal unik bisa kita temukan, admin tahu cara membuat kalkulator sederhana hanya bermodal notepad dsb. Tapi admin masih belum puas, karena dunia komputing itu luas sekali tentu masih perlu banyak yang harus dikuasai. Yah intinya agar kita tidak ketinggalan zaman, yang saat ini sudah serba-serbi modern, modalnya ialah melek teknologi dan bisa berbahasa inggris, itu aja sudah cukup.





Menurut saya ke 5 keuntungan tadi sudah mencakup banyak keuntungan lainnya. Jika 5 keuntungan tadi dijabarkan maka akan terkuak banyak sekali manfaat dari ngeblog. Tentunya masih ada keuntungan-keuntungan lain, asalkan jika kita memakai pikiran kita untu kreatif, cerdik, inovatif, intuitif, dsb (pokoknya yang akhirannya tif) apapun bisa sangat menjadi sebuah keuntungan bagi kita dan orang lain. Go Blog! Not Goblokkk!



14 komentar:

  1. sipp bro.. nice article.. ditunggu kunjungan baliknya http://nada-nada-rock.blogspot.com
    thx..

    BalasHapus
  2. saling follow blog yuk
    kalo mau lihat caranya disini
    http://himitsukaze.blogspot.com/2012/11/saling-follow-yuuk.html

    BalasHapus
  3. ayo goblog eh salah go blog ! wkwkwk, kunjungan balik gan http://kahfiwiyadi.blogspot.com/2012/08/cara-mudah-menghapal-tabel-periodik.html

    BalasHapus
  4. douuhhh,, baca artikel agan, ingat masalalu saat awal2 blajar ngeblog,,
    bantu donk gan, gmn biar rajin ngupdate blog... :)
    fllwbck on jadibisa.com_

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga lagi sibuk-sibuknya di dunia nyata, update postingan jadi tersendat-sendat, kita senasib gan. Sudah saya follow.

      Hapus
  5. Kita harus berterima kasih atas dedikasi para blogger yang telah mencurahkan segala ilmu pengetahuannya dan mau sukarela berbagi informasi untuk semua orang, tanpa mereka tentu informasi yang kita dapat saat ini tidak mudah ditemukan.

    BalasHapus
  6. saya juga bangga jadi seorang blogger gan , selain manfaat memberikan penghasilan juga kalo kitanya kreatif mah :)

    BalasHapus

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih