Pages

Mengenal Profesi Engineer

Jumat, 07 Juni 2013
Mengenal Profesi Engineer - Setelah saya memposting profesi Nutrisionis, pada kesempatan yang bahagia ini saya akan membahas yang Profesi Engineer. Yang salah satu bagian dari profesi ini yaitu pada bagian Teknik Sipil adalah salah satu dari sekian banyak pilihan cita-cita saya. Dan ulasan mengenai profesi engineer ini saya ambil dari “Buku Serba-Serbi Profesi”. Karena berbagi itu indah maka saya bagikan ulasannya untuk para pembaca.


Profesi Engineer sedikit banyak berkaitan dengan Engineer. Kalau tenaga mekanik itu ibarat “tangan”, maka engineer ialah otaknya. Maksudnya, mekanik hanya sebatas memelihara, memperbaiki, menjaga alat atau mesin. Sementara itu, engineer bertanggung jawab  untuk keseluruhan siklus proyek, yang mencakup desain, pengembangan, dan penyelesaian proyek. Jadi pada prinsipnya, mekanik hanya menginstal dan memelihara apa yang telah dirancang dan didesain engineer.

Kalau mekanik hanya memerlukan pendidikan SMK mesin, maka engineer sekurang-kurangnya haruslah S1 fakultas teknik mesin, sipil, teknik kimia. Pekerjaan dan tanggung jawabnya dalam suatu proyek sangat besar loh. Tapi nggak heran juga, soalnya gaji seorang engineer pemula juga cukup besar. Kalau mau jadi engineer, teruskan membacanya kawan.

v  Jobdesc
Menyiapkan teknik analisis proyek dengan menyertakan: desain awal , perhitungan biaya, dan teknis dan pemilihan jenis alat. Melakukan survei untuk mengumpulkan data lapangan. Menyiapkan dan menginterpretasikan cetak biru, gambar skema, tata letak dan alat bantu visual lainnya. Menyiapkan konstruksi spesifikasi teknis proyek. Ada macam-macam jenis engineer sesuai tugas dan disiplin ilmunya:

1.      Teknik Sipil
Bertanggung jawab atas proyek pekerjaan umum, bangunan, sub-divisi, drainase, lalu lintas, jalan, bandara, terowongan, jembatan, air bersih, limbah, dan sistem lingkungan.

2.      Teknik Mesin
Menciptakan, memelihara, dan mengembangkan perangkat mekanis, komponen mesin, peralatan transportasi, pengendalian lingkungan, penanganan material, peralatan mesin, robot, peralatan manufaktur otomatis, dan kekuatan mesin produksi seperti mesin pembakaran dalam, turbin uap dan gas, dan jet dan mesin roket.

3.      Teknik kimia
Menciptakan bahan kimia untuk makanan, farmasi, perpindahan panas dan konversi energi, petrokimia (bahan kimia yang dibuat dari minyak bumi atau gas alam), atau produk konsumen seperti plastik, deterjen, cat, dan tekstil sintesis.

Namun, tugas seorang engineer secara umum adalah: mengelola proyek, termasuk masalah anggaran, dan jadwal. Melakukan review terhadap kebijakan atau rincian detail proyek. Melakukan review atas rencana pembangunan sesuai dengan standar teknik yang baik. Bertemu dengan masyarakat umum dan/atau pengembang, pemilik tanah, dan kelompok kepentingan lainnya membicarakan standar dan kebijakan proyek, serta dampaknya bagi masyarakat umum.

v  Gaji

Besarnya tanggung jawab seorang engineer atas keberhasilan atau tidaknya sebuah proyek konstruksi, membuat tenaga engineer digajo besar, yakni sampai di atas Rp4.000.000,00.

v  Jenjang Karier
Field/Engineering assistant, Project Engineer, Assistant superintendent, Superintendent, Senior susperintendent, Contruction executive, Contruction firm owner, dll-nya.

v  How to get it:
Kualifikasi pendidikan tinggi diperlukan untuk menjadi seorang engineer. Kamu  setidaknya harus lulusan S1 teknik sipil, teknik mesin, atau teknik kimia. Namun, semuanya tergantung proyek apa yang sedang dikerjakan.

v  Tempat/Perusahaan yang membutuhkan:


Perusahaan-perusahaan kontraktor dan semacamnya.

Setelah anda membaca ini apakah anda berminat sebagai engineer? Denger-denger sih profesi seperti ini banyak dibutuhkan. Yang pasti orang yang ingin berprofesi engineer tentu banyak. Sekian info mengenai profesi engineer kali ini, terimakasih.



1 komentar:

  1. Kalo masalah harus paham skela/gambarnya gimana cara memahaminya?

    BalasHapus

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih