Pages

26 Manfaat Garam Bagi Kehidupan Manusia

Senin, 10 Juni 2013
26 Manfaat Garam Bagi Kehidupan Manusia – Pastinya kita tahu dong apa itu garam. Garam biasa dipakai oleh ibu kita untuk memasak dalam kesaharian. Tapi tahukah kamu selain itu masih ada lagi manfaat garam dalam kehidupan kita? Untuk menambah wawasan kita yuk mari baca selengkapnya 26 Manfaat Garam Bagi Kehidupan Manusia.






1.      Air yang diberi garam akan cepat masak.
2.     Dapat digunakan untuk membedakan telur yang kualitasnya bagus dengan yang tidak. Telur yang bagus akan tenggelam jika dimasukkan ke air garam.
3.      Buah apel yang sudah terkelupas tapi belum dihabiskan, dilanjutkan nanti memakannya. Jika dimasukkan ke air garam maka warna buah apelnya akan tetap segar. Sehingga kita pun merasa tergoda kembali untuk memakannya.
4.      Bisa membuat putih telur cepat mengembang saat mengocok telur jikalau diberi garam sedikit.
5.      Pengawet alami, makanan tidak cepat basi.
6.      Menghilangkan bau tangan bekas mengupas bawang atau membersihkan ikan.
7.      Kacang yang telah direndam dalam air garam kulitnya mudah dikelupas.
8.   Kotoran yang menempel di perabotan dapur akan mudah dibersihkan dengan ditaburi garam sebelum disabuni.
9.      Garam dapat membasmi semut.
10.  Teko ataupun cangkir sehabis ngopi bisa dibersihkan dengan garam. Teko atau cangkir diisi es batu dan garam , kemudian dibasuh. Cangkir sehabis minum teh biasanya juga ada bekas bewarna kuning, bisa dibersihkan dengan menaburi garam kemudian sabuni.
11.  Membersihkan meja yan kotor akibat makanan tumpah. Caranya taburi dengan garam dibagian yang kotor, kemudia lap dengan kain lap basah.
12.  Perabot dapur bekas menggoreng bisa dibersihkan dengan garam.
13.  Lap yang kotor bisa bersih dengan cara merendamnya di air garam sebelum dicuci.
14.  Perabotan porselen juga bisa dibersihkan. Caranya mudah, cukup taburi dengan garam, diamkan dulu, kemudian banjur dengan air panas.
15.  Perabotan yang sedikit karatan bisa dibersihkan dengan campuran air jeruk lemon dan garam.
16.  Untuk membersihkan kaos atau pakaian bekas keringat badan kita. Caranya sebelum disabuni taburi saja dengan garam.
17.  Kain yang terkena darah dapat dibersihkan dengan garam , cara dengan menaburi garam kebagian kain yang terkena darah sebelum dicuci.
18.  Garam juga bisa dipakai untuk adonan buatan anda.
19.  Menghilangkan bau tidak sedapa dalam kulkas. Caranya garam campur soda kue, kemudian campuran tadi bungkus dengan kain basah, terus simpan di dalam kulkas.
20.  Bisa juga untuk memadamkan api. Panas apinya akan diubah menjadi oksigen
21.  Bunga yang baru saja dipetik, dapat awet jika diwadahi vas bunga yang airnya ditaburi garam.
22.  Garam juga bisa membasmi hama. Bisa langsung diaburi atau jika ingin praktis garamnya campurkan dengan air sabun, kemudian larutan tersebut masukkan dalam wadah semprotan. Nah tinggal disemprot deh ke bagian daun-daunan.
23.  Ngilangin kutu pada hewan kita juga bisa, dengan cara mencampurkan garam dengan air hangat, kemudian rendam hewan itu kedalam campuran air garam hangat tadi.
24.  Garam juga sebagai penambah cita rasa makanan alami.
25.  Garam yodium atasi penyakit gondok.
26.  Larutan garam dalam air juga penghantar listrik yang baik lho, jadi hati-hati ya!

Mungkin sebagian dari anda bertanya, kok garam sebagai penangkal ular tidak ada dalam daftar sih? Iya memang tidak ada. Perlu diketahui bahwa ular TIDAK TAKUT dengan garam. Garam penangkal ular itu hanya mitos belaka. Jika anda tidak percaya, silahkan googling, surfing, atau klarifikasi kepada orang-orang pecinta reptil khususnya ular.  Jadi hapus pemikiran bahwa ular takut dengan garam.

Ular itu takutnya sama BENSIN, karena ular takut dengan bau menyengat. So, kalo mau camping bawanya bensin bukan garam, tapi hati-hati ya! Bensin lho itu, takutnya tendamu kebakaran. Sebenarnya cara kerja garam itu, jadi jika hewan memakan garam otomatis hewan itu akan dehidrasi, kemudian mati deh. Nah mungkin saja sih kalo ular itu makan tuh garam, tapi kayaknya ular tidak suka garam deh.

Sebagian besar daftar manfaat garam tadi saya ambil dari Majalah Langlang Mitra No.1 Taun XXIV – 2013, tapi ada beberapa saya hilangkan dan tambahkan. Wah ternyata garam banyak manfaatnya ya sob. Ini mungkin baru beberapa saja masih banyak manfaat lagi kayaknya yang belum saya ketahui. Semoga kita bisa menjadi garam dalam dunia ini, maksudnya diri kita dapat bermanfaat dimanapun kita berada. Semoga artikel 26 Manfaat Garam Bagi Kehidupan Manusia ini bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih


8 komentar:

  1. baru tau kalo garam bisa bikin makanan awet....thx infonya...

    BalasHapus
  2. Maaf sobat,,komentar ngak sesuai konten..saya cuma ngasih tau klau udah saya folback..soalnya ngak tau mau kasih tau kemana.. :)

    BalasHapus
  3. abang tolong bantu untuk menjadi admin di Asenfc09.blogspot.com ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap! dm aja win ke Twitter e-mail 'n passwordnya

      Hapus
  4. makasih gan infonya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  5. nice post gan
    mantep nih informasinya
    terimakasih banyak, sukses terus

    BalasHapus

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih