Pages

Saran Untuk Liga Blogger Indonesia

Selasa, 16 April 2013

Musim pertama liga blogger indonesia sudah berakhir. Banyak pengalaman dan kesan yang saya dapatkan dari liga blogger ini. Bercokol di urutan 7 pada ahir pekan liga, cukup bangga bagi saya tapi masih belum puas. Saya sangat berterimakasih sekali pada panitia Liga Blogger tersebut, bisa dibilang panitia sudah sukses melaksanakan liga ini. 

Agar liga blogger terus berjaya dan semakin sukses, tentunya harus ada feedback / saran / masukan untuk para panitia.


Saya menyarankan :

Sistem point lama diganti aja!

Menurut saya sistem point lama ada yang perlu diubah.
Sistem point lama:

Artikel Tema (1 point) ; 2 Artikel bebas (1 point) ; 5 Komentar di 2 artikel (1 point)

Sistem point ini berat bagi blogger yang reputasi blognya masih rendah, contohnya saya sendiri. Point yang berat itu adalah point komentar. Saya menduga dari awal pasti sedikit yang ikutan Liga Blogger ini, eh nyatanya banyak yang berpatisipasi. Tapi pada saat pertandingan kebanyakan peserta malah ngilang nggak jelas kemana. Menurut analisis saya ini dikarenakan point komentar yang berat bagi blogger yang sedikit pengalaman, apalagi cuman diberikan waktu hanya 6 hari. Ini jelas sangat sulit.

Sistem point baru

Pertama sistem Liga diubah menjadi sistem duel sama seperti liga sepak bola (One By One). Tak perlu menjadi 29 pekan (karena jumalah peserta 30) tapi seperti biasa saja 12 pekan. Jadi nantinya diatur terlebih dahulu siapa lawan siapa per pekan sebelum liga resmi dumulai.

Jika sistem menjadi duel maka perhitungan pointnya (saran saya):

Diantara 2 peserta tersebut, siapa yang duluan mengumpulkan artikel tema, yang duluan (1 point) yang terakhir tidak ada point. Bisa dibilang adu cepat kumpul artikel tema.

Diantara 2 peserta tersebut, artikel tema siapa yang paling berbobot / berkualitas. Yang menang     (1 point) yang kalah tidak dapat point. Sekedar sharing, saya pernah blogwalking melihat artikel tema punya peserta lain kemudian saya baca, saya baca ternyata tulisannya biasa saja nggak informatif, ada sedikit kecewa dalam hati saya. So point ini penting menurut saya.

Terakhir 2 artikel bebas (1 point) bagi masing-masing yang membuat 2 artikel tersebut.

Tentunya akan semakin seru jika menggunakan sistem point seperti ini. Pasti akan ada kejar-mengejar point dan tentunya akan banyak drama pertarungan klasemen yang terjadi. Tidak seperti sistem point yang dahulu yang tak ada drama yang bikin gregetan. Bahkan pemenangnya saja ada 3 orang dengan point yang sama.

Tak lupa juga saya ingin memberitahu kelemahan sistem point yang saya berikan tadi. Jika pada saat duel si A misal, dia kalah pada saat adu cepat kumpulin artikel tema dan kalah juga kualitas tulisan artikel tema. Bisa dibilang usaha dia menulis artikel tema sia-sia saja.

Maka dari itu saya berikan opsi lain yaitu:

Artikel tema (1 Point) ; Bobot Tulisan (1 point bagi yang tulisannya berkualitas) ; 2 artikel (1 point)

Yang diubah hanya adu cepatnya saja. Jadi pembedanya hanya 1 point. Berbeda dengan sistem point saran saya yang pertama, sistem point yang tadi punya 2 points pembeda. Sehingga pastinya akan lebih seru sistem point yang pertamakali saya sarankan daripada opsi yang kedua. Tapi opsi kedua lebih seru daripada sistem point yang kemarin. Karena sistem point kemarin tak ada point pembeda sama sekali.

Semoga saran saya ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi panitia Liga Blogger Indonesia. Salam Blogger!

4 komentar:

  1. Saran yang baik,

    Akan kami masukkan kedalam agenda

    terimakasih yah saran dan kritiknya

    salam
    asmari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas Asmari. Sukses terus ya!

      Hapus

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih