Musik Tanah Batak Toba


Tema : Hari Musik Nasional

Hari musik Nasional itu jatuh pada tanggal 9 Maret. Nah berhubung masih bulan Maret maka kali ini bahas tentang hari musik nasional kita. Saya akan membahas tentang musik di daerah Sumatera Utara. Karena saya ini keturunan orang batak marga saya Silalahi (HORAS!), makanya saya membahas musik daerah sana. Secara gambaran umum ensambel musih tradisi batak khususnya toba dibagi menjadi dua, yaitu esambel gondang sabangunan dan esambel gondang hasapi. Tapi yang sering dipakai di acara adat esambel gondang hasapi. Nah saya jelaskan esambel gondang hasapi.


Alat musik leader Sarune Etek (bentuknya lebih pendek sekitar satu setengah jengkal jari tangan) sebagai pembawa melodi utama sesuai dengan gaya dan ciri khas alat musik tersebut.
Alat musik pendamping leader Sulim (sejenis seruling dari bambu) juga memainkan melodi utama sesuai dengan gaya dan ciri khas alat musik tersebut. Taganing sebagai pembawa melodi yang sifatnya lebih ritmis meningkahi (menjahit) permainan dari Sarune (Melodi utama).
Ogung 
yang terdiri atas (Oloan-Ihutan-Panggora-Doal) yang berfungsi sebagai pembawa tempo dan pengatur gerakan kaki pada  tor-tor  (tarian tradisional Batak Toba).
Hesek sebagai ketukan dasar yang harus didengar oleh seluruh pemusik (pargonsi) sehingga ensambel Gondang Hasapi menjadi harmonis.

Keterangan.
Sarune adalah salah satu alat musik (tiup) Batak Toba, dan masih satu bangsa dengan Serunai.



Sulim adalah salah satu alat musik Batak Toba, yaitu alat musik yang terbuat dari bambu, memiliki enam lobang nada dan satu lubang tiupan. Dimainkan dengan cara meniup dari samping yang dilakukan dengan meletakkan bibir secara horizontal pada pinggir lobang tiup.



Taganing adalah drum set melodis yaitu terdiri dari lima buah gendang yang digantungkan dalam sebuah rak. Bentuknya sama dengan gordang, hanya ukurannya bermacam-macam.


Ogung adalah gong sebutan orang batak


Hesek adalah salah satu alat musik Batak Toba, yang instrumen pembawa tempo (ketukan dasar) yang terbuat dari pecahan logam atau besi dan kadang kala dipukul dengan botol kosong.

Nah itulah sekedar penambah pengetahuan kalian. Semoga bermanfaat. Selamat Hari Musik Nasional. HORAS!


Comments

  1. ho ho.....kunjunga pertama...salam kenal ya.
    saya mulak jo parjolo ya he he *benergaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. artinya.
      saya pulang dulu duluan. bener tapi kagak nyambung, hehehe.

      Delete
  2. lae kalo bisa tolong dulu post kan cara buat sulim batak...
    udah googling sana kemari tak kunjung dapat lae..
    mau tanya sama orang disini di tempat ku ga da yang tau..
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lae, aku kurang tahu soal itu, lebih baik tanyakan saja pada ompung-ompung kita di sumatera

      Delete
    2. oke lah lae...
      kalo kapan-kapan lae tau tolong langsung di post ya lae..
      makasih sebelumnya..
      :)
      HORAS..

      Delete

Post a Comment

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih