Pages

Tips Merawat Gigi dan Rongga Mulut Selama Memakai Behel

Selasa, 05 Februari 2013

Berikut tips unik, yang mungkin berguna. Silahkan simak.


·  Selain itu juga ada sikat tambahan untuk sela-sela gigi. Orang yang pakai behel biasanya karang gigi terbentuk lebih cepat.

·  Gunakan pasta gigi dengan formula terlengkap agar benar-benar melindungi dan merawat gigi secara intens. Menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali proses, yang pertama tanpa pasta gigi terlebih dahulu agar sisa-sisa makanan yang hendak diberantas bisa terlihat dan tidak terhalang buih dari pasta gigi (lakukan di depan cermin tentunya), setelah itu barulah menyikat gigi dan lidah dengan pasta gigi.

·  Wajib berkumur dengan obat kumur setelah menyikat gigi dan bila perlu gunakanlah dental floss (benang gigi). Maka, tidak mengherankan apabila rutinitas menyikat gigi ketika awal masa pemakaian behel bisa mencapai 20 menit.

·  Menyikat gigi dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari: pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

·  Perbanyak mengonsumsi vitamin C. Orang yang berbehel lebih rentan sariawan karena bahaya behel menggores mulut bagian dalam. Siapkan obat sariawan dan bila perlu siapkan juga wax ortho (berupa lilin untuk menutupi bagian logam behel yang tajam). Selain itu, asupan kalsium dan vitamin D yang lebih banyak dari dosis biasanya juga sangat dibutuhkan oleh gigi.

·  Setelah check-up, biasanya bukan hanya gigi yang akan terasa ngilu, tapi juga rahang, dagu, dan kepala, bahkan bisa sampai demam. Hal ini disebabkan pergerakan gigi yang otomatis berpengaruh ke sistem saraf dan bentuk kepala serta profil wajah kita. Jadi, siapkan painkiller yang mengandung parasetamol bila perlu.

·  Hindari makanan yang terlalu keras. Potong makanan dengan tangan terlebih dahulu, jangan memotongnya langsung menggunakan gigi. Selain bisa mengacaukan proses pergeseran gigi, juga dapat melepas bracket behelnya.

·  Sikat gigi yang dipakai khusus untuk orthodontik bentuknya kecil dan bulu sikatnya halus. Dijual di apotik, klinik, dan supermarket besar (bukan di warung-warung).

5 komentar:

  1. kalo tips gofress ada hubungannya nggak denga tips ini???

    BalasHapus
  2. aku mah nggak make behel....wkakakak

    BalasHapus
  3. Sama aku juga nggak make behel. Tapi infonya guna banget.

    BalasHapus
  4. ngeliat orang make behel, geli-geli gimana gitu.....

    BalasHapus
  5. itu kok awal-awalnya ngegantung ?
    buru-buru ya.

    #3 Komentar

    BalasHapus

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih