Pages

Cara Mengatasi Kerusakan Laut

Selasa, 12 Februari 2013

Cara mengatasi kerusakan di lingkungan laut, sebenarnya ada dalam diri manusia itu sendiri tergantung dari kemauan mereka mau atau tidaknya seseorang melakukan hal tersebut. Diantaranya:


a)      Meningkatkan pendayagunaan potensi laut dan dasar laut
Peningkatan pendayagunaan potensi yang ada di lingkungan laut,baik luar maupun dalam laut. Misalnya dalam pendayagunaan lingkungan laut sebagai pariwisata,budidaya rumput laut, maupun budidaya ikan. Dimana dalam peningkatan ini peran pemerintah juga harus diikut sertakan dalam proses pendayagunan laut ini, seperti yang sudah diatur dalam Undang-Undang Repubik Indonsia Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan yaitu dalam BAB IV Pasal 8 Ayat 1 dan Pasal 9 Ayat 1 dan Ayat 2.

b)      Meningkatkan harkat dan taraf hidup nelayan
Penangkapan ikan sebagai cara mencari nafkah para nelayan ataupun untuk indutri perikanan dapat diperbolehkan. Asal cadangan ikan yang mereka tangkap tidak dalam keadaan punah, sedangkan untuk ikan yang belum mencapai besar tertentu, harus dilepaskan kembali ke dalam laut, yang teah diatur dalam Undang-Undang Repubik Indonsia Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan yaitu dalam BAB III Pasal 5 dan Pasal 6

c)      Mengembangkan potensi industri kelautan
Pengendalian pencemaran oleh indutri, hendaknya bersifat bahwa jumlah bahan yang mengakibatkan polusi tidak harus berbahaya dan tidak mengganggu keberadaan biota laut. Oleh karena itu, buangan limbah sebelum dialirkanke sungai ataupun perairan perlu teknik pengolahan imbah seuai bata yang ditentukan. Hasil ampah yang berasal dari kegiatan manusia harus di kurangi dan didorong untuk mendaur ulang kotoran maupun limbah lain. Bahkan, kalau perlu melarang pembuangan semua limbah ke lingkungan laut.

d)     Mempertahankan daya dukung dan kelestarian fungsi lingkungan laut.
Penanggulangan kerusakan tersebut,diharapkan warga yang ada di daerah pesisir laut untuk dapat mempertahankan aset-aset yang terdapat dalam lingkungan laut tersebut, menyadari akan kepentingan laut dan ekosistemnya yaitu sebagai sumber hayati, meletarikan kemampuan alam untuk menjadikan sumber mata pencaharian penduduk sekitar laut sehingga menadikan suatu kesejahteraan masyarakatnya.

(Kesimpulan) Kerusakan yang terjadi dilaut bukanlah semata-mata karena kerusakan alam saja, namun karena ulah tangan-tangan yang tak bertanggungjawablah kerusakan itu terjadi. Manusia yang tak pernah puas dengan apa yang telah ia peroleh, hanya mementingkan keegoisan dirinya sendiri sehingga cara-cara apapun, khalal ataupun tidak ia lakukan demi mendapatkan kepuasan diri dan kelompok semata.

Sebagai Saran, Kita hidup bukan hanya untuk diri kita sendiri, tetapi generasi mendatang pun akan memerlukan sumber-sumber kehidupan dari laut yang kita miliki sekarang ini. Maka marilah kita menaga alam laut kita untuk masa depan bangsa dan generasi penerus kita nanti. Menaga kelestarian lingkungan laut,terumbu karang dan biota-biota yang lainnya agar tetap indah.

Terimakasih telah membaca, semoga permbaca dapat mengerti maksud penulis, agar  laut kita tetap terjaga dan lestari.

9 komentar:

  1. Nggak ada postingan lagi apa ya, hehehe
    itu yes kan presentasi waktu itu.....wakakakak

    BalasHapus
  2. wesss
    sampai didukung (dilampiri) UUD lagi.
    gakgakgakgakgakgak (becanda)

    BalasHapus
  3. Bagus bang, Laut Indonesia harus dijaga, karena sepertiga luas Indonesia adalah Laut.

    BalasHapus
  4. Iya pembuangan limbah ke laut itu harus dilarang.
    Setuju!

    BalasHapus
  5. menjaga kelestarian laut sangat berpengaruh untuk
    kelangsungan hewan laut dan tentunya untuk manusia juga yang memanfaatkan hasil laut
    terimakasih atas info nya yang menambah wawasan

    BalasHapus
  6. Betul kata abang goyes bahwa kita hidup harus juga memperhatikan generasi yang akan datang,jadi lindungilah sumber daya alam yang terkandung didunia ini untuk bisa dinikmati oleh generasi kita mendatang.trims telah berbagi informasi

    BalasHapus
  7. terimakasih atas info nya
    yang sanagat bermanfaat

    BalasHapus

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih