Pages

Kritik dan Saran buat Industri Film di Indonesia

Selasa, 05 Februari 2013

Tema : Film Indonesia

Apa kabar? Kali ini saya akan membahas sesuai tema diatas yaitu fiml di Indonesia. Disini saya akan membahas secara saran dan kritik buat industri perfilman Indonesia. Sejauh wawasan saya melihat,  sebenarnya industri perfilman indonesia ini potensinya bagus dan menurut pandangan saya masa-masa inilah sedang naik-naiknya industri perfilman Indonesia.


Kritikan saya kepada industri perfilman Indonesia yaitu :

1.      Jangan keseringan produksi Film Horor.
Kita sudah tau bahwa film di Indonesia saat ini kebanyakannya dilebati oleh film bergenre horor. Coba sebenarnya apa yang dapat kita ambil dari film horor? Nasehat kah? Pendidikan kah? Pengetahuan kah? Paling cuman menantang adrenalin doang. Sebenarnya nggak apa-apa sih membuat film bergenre horor, tapi jangan keseringan!

2.      Perbanyak Film sarat makna
Sebenarnya film Indonesia sudah banyak yang sarat akan makna, sayang masih kurang greget. Menurut kacamata saya, tema film Indonesia kebanyakkannya hal percintaan, jadi maknanya juga tidak akan jauh-jauh dari hal percintaan. Coba deh cari makna film yang lain, be creative! Go go Indonesia!

3.      Jangan kebanyakan pake bumbu dan aroma cinta-cintaan yang kebanyakannya berlebihan
Cinta, nggak ada yang salah sih. Tapi kok jadi berlebihan ya? Bisa kita lihat sendiri lah, beli aja DVD yang isinya Film Indonesia, pasti 100% bumbu Cinta yang berlebihan itu ada. Hati-hati lho, harus bisa bedakan mana Cinta yang berlebihan (Lebay) dan Cinta yang suci.
Saran saya kepada industri Film Indonesia yaitu :

1.      Lebih Kreatif dong
Inilah sebenarnya tantangan bagi industri perfilma Indonesia yang sebenarnya, kreatif. Memang sih ada film yang kreatif, sayangnya sebagian tidak terkenal, bahkan sepi di bioskop-bioskop. Film yang hit pun kalau kita amati, kebanyakannya diangkat dari sebuah novel yang sudah best seller. Nah, karena itulah ayo dong pak, mas, bu, mba yang kreatif deh ya!

2.      Buat nuansa baru dong
Maksud saya disini, buat dong film yang ada manipulasi komputernya, tentunya dengan kualitas terbaik sehingga yang manipulasi nampak asli. Ini juga tantangan bagi industri perfilman Indonesia.

Sebenarnya film Indonesia itu bagus-bagus tapi kebanyakannya kurang diapresiasi oleh masyarakat Indonesia. Lihat saja film yang berperang pas masa penjajahan, ada. Film yang ada bela diri khas Indonesia yaitu silat ada juga. Film tentang perdamaian lima agama di Indonesia ada. Nah satu lagi tantangannya yaitu promosikan filmnya dengan kreatif dan unik. Contoh membuat SEO kontesnya atau sejuta resensinya (kan ada sejuta penonton, nah coba yang ini). Sekian dari saya.  TERIMAKASIH.

5 komentar:

  1. iya nih film alangkah lucunya negeri ini, malah kurang hit. tapi yang horor and p**no malah palling dicari.
    Memang lucu negeri kita ini

    #3Komentar

    BalasHapus
  2. Setuju deh saran-sarannya, kreatifitas perlu diutarakan!

    BalasHapus
  3. Film....film....film....
    8 Film cuman 5000 saja.
    (bajakan) wekwekwekwek......

    BalasHapus
  4. widih kritikannya.
    sayang masih kurang pedas tuh. hehehe.

    BalasHapus

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih