Pages

Sudah tahukah anda dengan keberadaan Desa Wisata?

Jumat, 22 Februari 2013

Tema : Desa Wisata

Halo apa kabar? Udah pada tahu tentang desa wisata belum, hmm kayaknya belum pada tahu ya? Ya memang masih banyak orang yang belum tahu keberadaan dan apa itu Desa Wisata khusunya di Indonesia. Maka dari itu mari kita simak.


Dari pengertiannya, Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Bagaimana suatu desa dapat menjadi desa wisata? Ada beberapa kriteria yang dijadikan dasar untuk menentukan Desa wisata itu sendiri :

1.      Atraksi wisata: yaitu semua yang mencakup alam, budaya dan hasil ciptaan manusia. Atraksi yang dipilih adalah yang paling menarik dan atraktif di desa.

2.      Jarak Tempuh: adalah jarak tempuh dari kawasan wisata terutama tempat tinggal wisatawan dan juga jarak tempuh dari ibukota provinsi dan jarak dari ibukota kabupaten.

3.      Besaran Desa: menyangkut masalah-masalah jumlah rumah, jumlah penduduk, karakteristik dan luas wilayah desa. Kriteria ini berkaitan dengan daya dukung kepariwisataan pada suatu desa.

4.      Sistem Kepercayaan dan kemasyarakatan: merupakan aspek penting mengingat adanya aturan-aturan yang khusus pada komunitas sebuah desa. Perlu dipertimbangkan adalah agama yang menjadi mayoritas dan sistem kemasyarakatan yang ada.

5.      Ketersediaan infrastruktur: meliputi fasilitas dan pelayanan transportasi, fasilitas listrik, air bersih, drainase, telepon dan sebagainya.

Kurang lebih 972 desa wisata tersebar di seluruh tempat Indonesia. Tapi saya dapat informasi dari Google baru 60 desa saja yang masuk kriteria Desa Wisata Internasional, meskipun begitu desa wisata di Indonesia sebenarnya tidak kalah hebat. Mengingat  di ratusan tempat di Indonesia mempunyai ke khasnnya masing-masing seperti budayanya atau adat istiadat.

Nah inilah salah satu desa wisata yaitu Desa wisata Beliharjo yang ada Daerah Istimewa Yogyakarta. Menurut http://travel.ghiboo.com/10-desa-wisata-terbaik-di-indonesia desa ini bahkan termasuk 10 desa wisata terbaik.


                                                                                            
Di tempat saya kota Kuningan juga ada desa wisata hanya sayang kurang perhatian dari masyarakat dan kurang sosialisai. Ya inilah problematika yang dialami bangsa kita selama ini, sosialisasi hal-hal yang penting, menarik, mencerdaskan, dan memajukan perkembangan masih kurang, saya belum pernah liat ada sosialisasi door to door atau paling tidak seminar kecil-kecilan di kota saya, parah memang, tapi mau gimana lagi. Ya sekian dulu informasi kali ini, salam hangar dari saya.

4 komentar:

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih