Pages

Menilisik Tentang Jurnalis Warga

Selasa, 15 Januari 2013

Tema : Jurnalis Warga

Apa kabar pembaca yang berbahagia??? Sehat kan??? Saya doakan semoga pembaca sehat selalu, diberkati selalu, dan kaya raya *makanya baca artikel dari wawasan kita terus, biar didoain terus hehehe*. Kawan-kawan tahu nggak apa itu Jurnalis Warga??? Hayo pada tahu nggak? Jurnalis warga itu adalah sebuah kegiatan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita.


Jurnalis warga juga biasa disebut citizen journalism, yang sekarang ini lagi hot-hotnya malahan udah jadi populer sih, hanya saja ketika saya nanya kepada beberapa teman saya, banyak yang belum tahu keberadaan citizen journalism ini. Yang saya ketahui citizen jurnalism ini ada di Metro TV tepatnya pada salah satu acara yang saya sukai yaitu Wide Shot Metro TV. Disana banyak sekali masyarakat yang berpartisipasi jadi citizen jurnalism, hanya saja saya amati kebanyakannya pemuda, mahasiswa, atau jurnalis yang lainnya (biasanya jurnalis daerahan).

Menyoal denga jurnalis warga ini, kebetulasan saya mengingat salah satu buku yaitu buku ‘Citizen Journalism’ penulis Pepih Nugraha. Karena saya nggak punya uang alias boke untuk membeli bukunya di toko buku, jadi saya cari-cari di Google. Sebelumnya saya kisahkan sekilas tentang Pepih Nugraha, Pepih Nugraha ini adalah seorang jurnalis dan aktif juga nulis di kompasiana. Menurutnya kata citizen journalism ini kurang tepat, lebih lanjut ia menyatakan paling pas dengan istilah citizen reporter. Ya, memang dilihat dari sekarang ini kebanyakan citizen journalism sekarang ini menulis laporan hasil pengamatannya itu lewat internet, maka karena itulah menurut Pepeh Nugraha tidak serta merta menjadi jurnalis hanya karena menulis peristiwa yang dialaminya lewat internet.

Menurutnya menjadi jurnalis itu berangkat dari sebuah pengalaman. Di buku ini juga kita bisa mendapatkan bagamana menjadi jurnalis yang baik, kita bisa juga membaca pengalama-pengalaman sang penulis dan juga masukkan dan arahan untuk Citizen Journalism ini. Yang mau jadi jurnalis atau Citizen Journalism atau istilah yang lainnya silahkan beli buku ini, buku ini sangat cocok untuk bahan refrerensi bacaan.

Sebagai penutupan saya share 9 elemen acuan utama jurnalis. Menurut buku Sembilan Elemen Jurnalis karya Bill Kovach dan Tom Rosential, singkatnya ada 9 elemen sebagai acuan para jurnalis saat berjurnal yaitu :

1.      Kebenaran
2.      Loyalitas pada warga
3.      Perlunya verifikasi
4.      Independensi
5.      Mengawasi kekuasaan dan menyambung lidah
6.      Menyediakan forum bagi publik
7.      Memikat dan relevan
8.      Proposional dan kompherensif
9.      Hati nurani sendiri
  
Ini dia contoh hasil karya jurnalis warga di sekolah saya.

Tips Sukses Ujian Nasional (UN)

1. Pelajari Latihan Contoh-Contoh Soal
Gunakanlah buku-buku soal yang dapat dibeli dari toko buku maupun buku tradisi turun-temurun, berlatihlah selalu, hal ini agar terbiasa saat mengerjakan soal UN yang didominasi dengan soal-soal pilihan ganda.

2. Belajar Latihan Soal dari Bimbingan Belajar
Pelajari setiap latihan soal yang diberikan dari bimbingan belajar. Karena selaen sekolah yang punya kisi-kisi Ujian Nasional itu adalah hampir semua bimbingan belajar. Pasti mereka pengen setiap yang ikut bimbingan belajarnya sukses UN dan membuat reputasi bimbingan belajar itu jadi baik.

3. Buat Catatan Kecil
Maksudnya bukan catatan untuk contekan, namun buat diingat dimana aja. Catatan bisa berupa secarik kertas atau apapun. Terpenting bisa dibawa kemana-mana.

4. Jangan Tegang
Hadapi dengan santai tapi serius. Hilangkan pikiran mendapatkan nilai asal lulus, tanamkan bahwa nilai UN itu harus bisa dapat yang tertinggi.

5. Persiapkan Senjata Hadapi UN
Siapkan kartu ujian dan segala perlengkapannya. Jika sudah lengkap, pastikan tidak ada yang membebankan pikirin lagi hingga pikiran tenang.

Semoga bacaan ini bermanfaat buat pembaca sekalian. Dan semoga citizen journalism atau jurnalis warga di Indonesia semakin berkembang dan sukses tentunya. Terimakasih.

12 komentar:

  1. itu artikel di mading dapet darimana???

    BalasHapus
  2. Komik 618 kk ^_^. Termasuk aku, aku juga sebelumnya belum tahu jurnalis warga baru tahu nih

    BalasHapus
  3. perihal perlunya verifikasi (point 3), perlu diketahui Jurnalis warga itu bebas tidak ada verifikasinya, maka dari itu jurnalis warga tidak memenuhi point 3.
    Dan saya mau bertanya penghasilan jurnalis warga ini dariapa dan berapa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya iya. Kalau soal penghasilan saya kurang tahun, maaf ya.

      Hapus
  4. Kreatif bener nih si yesaya. Maju terus boss.

    BalasHapus
  5. Hidup citizen journalism, eh kalo nggak salah di kuningan juga ada salah satunya Kuningan News.

    BalasHapus
  6. Artikelnya kok ada yang nyelap.......?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yang Tips Sukses Ujian Nasional (UN), hasil karya jurnalis warga.

      Hapus

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih