Artikel Pilihan Saya di Blognya Bibi Titi


Rules of Three

Ehdenger-denger kemaren tahun baru ya? *sumpah basi banget!*

Selamat tahun baru ya untuk yang merayakanhihihi

Seperti yang pernah gue ceritakan di postingan ini, gue sangat tertarik dengan standup comedy sampai-sampai pernah nekad untuk menjajal panggung segala. Untuk bisa menyusun materi yang baik ada beberapa teori yang harus diterapkan, mulai dari mencari setup yang provokatif dan membuat puchline yang bisa mengundang tawa dan itususahnya setengah mati. Because you can learn comedy, but you cant learn how to be funny *langsung stress*


Untunglah mba Imelda yang baik hati, mengirimkan gue 2 buah buku *dalam bahasa Inggris* Comedy Bible dan standup comedy ciptaan Judy Carter yang membedah abis tentang teori ber-standup comedy *peyuk mba Imeeeel*

Rules of Three adalah salah satu teori standup comedy yang bakalan gue bahas disini, tapi buat lucu lucuan aja lhoooo

Rules of Three in standup comedy

Rules of Three pada dasarnya adalah ketika kita membuat suatu pernyataan dalam bentuk kerangka fakta, fakta, twist *sesuatu yang tak terduga*.

Contohnya pernah gue tulis di postingan Dangerous Virus

Gue adalah manusia yang sederhana. Sebagai seorang istri gue cukup bahagia asalkan suami gue setia *fakta*, sebagai seorang ibu gue bahagia selama anak anak gue sehat *fakta*, dan sebagai wanita gue akan bahagia asalkan semua drama korea yang ada di dunia ini berakhir dengan hepi ending *twist*.

Rules of Three in twitter

Gue punya twitter sebenernya cuma buat gaya gayaan aja..hihihihanya sekedar supaya tidak tersisih dari pergaulan. Tetapi setelah bergentayangan di dunia twitter, ternyata disono lagi banyak banget alay nan galau yang bikin twit buat lucu lucuan dengan pola rules of three nya standup comedy. Contohnya aja :

Situasi : malam minggu

Couple : candle light dinner bareng pacar

LDR : Skype-an mesra bareng pacar

Jomblo : nonton dvd bajakan sambil makan indomie ayam bawang di pojokan kamar

Situasi : Dapat SMS pas jam makan siang :

Couple : makan siang bareng yuk!

LDR : Hari ini makan siang nya apa hon?

Jomblo : dapet sms peringatan tentang masa tenggang berlakunya kartu

Yahwalopun banyak banget statement yang men-diskreditkan para kaum jomblo *duh kenapa kalo ngomongin jomblo gue jadi mendadak inget ama si Idep ya?*, tapi nikmati sajalah wahai para fakir asmara! Karena ingatlah, jomblo itu memang nasib, tapi single itu pilihan!

My Rules of Three

Gue iseng bikin aja dan BUKAN berdasarkan pengalaman pribadi yah!!!

Kategorinya :

Newlywed : Pengantin Baru,

Marriage under 5 years (M U 5 Y) : yang gue perkirakan biasanya baru punya satu orang anak,

Marriage over 5 years (M O 5 Y) : yang gue perkirakan biasanya sudah punya lebih dari 1 anak,

Situasi : Minggu Siang

Newlywed : ..ehmabis makan kita nonton bioskop yaaaaa???

Mu5y : Kita ke TimeZone nya nya habis makan aja yah.

Mo5y : mendingan kita makan nya di KFC aja biar sekalian ada playground yang gratisan. Tapi dede gak usah ikut ke counter lah, soalnya lagi ada promo mainan Thomas & Friends tuh!

Situasi : Suami pakai parfum baru

Newlywed :.. ehmwanginya suamikuuuu*sambil bergelayut manja*

Mu5y : tumben wangi? *mendelik curiga*

Mo5y : tiba tiba suami berkata : kok udah abis lagi ya?, kamu ngapain pake parfum cowo sih?*istri pemalas memilih parfum*

Situasi : Ketika jalan jalan di mall

Newlywed : Gandengan tangan mesra

Mu5y : gandengan bertiga, biasanya anak di tengah sambil gelantungan.

Mo5y : suami bawa belanjaan di depan sambil gendong anak bungsu, istri gandeng anak yang satunya lagi sambil jelalatan di etalase, kemudian tiba tiba menghilang dan sang suami mendapat sms dari sang istri yang berisi, aku ke gramedia dulu bentar ya

Situasi : Ketika lagi jalan bareng, tiba tiba suami dilirik cewek lain.

Newlywed : mengamati sang cewek dari ujung rambut sampai ujung kaki, kemudian berantem heboh dan nuduh sang suami tebar pesona

Mu5y : Langsung bte, tapi gak mau ngaku alasan sebenernya dan lebih memilih untuk ngambek sepanjang jalan

Mo5y : mengerling sebentar kea rah sang cewek kemudian berkomentar pendek, Aneh banget tuh cewek mungkin lagi banyak masalah di rumahnya kali ya.

Situasi : Reaksi suami ketika melihat tanda positif di test pack alias hamil

Newlywed : memeluk sang istri dengan penuh suka cita

Mu5y : Aku tahu kamu masih repot ngurus si kakak, tapi kita pasti bisa kok. Kamu tenang aja ya,

Mo5y : Hah? Hamil lagi? Tahun depan kakak masuk sd, tahun ini dede masuk TK, lo mau nyiksa gue ya?

Situasi : Reaksi sang Istri ketika melihat tanda positif di test pack alias hamil

Newlywed : langsung jingkrak jingkrak kegirangan

Mu5y : meluk sang kakak anak pertama dan merasa sedikit gelisah

Mo5y : berkeluh kesah dalam hati Sialan!! Kenapa gue bisa sampai lupa minum pil KB brengsek itu bulan kemaren ya!!!, dan seketika itu juga brutalnya bukaan 10 langsung terbayang didepan mata*sigh*

Oke…

Gue memang termasuk dalam kategori terakhir yang walaupun di permukaan memang terkesan miserable, tapi sebenernya menurut gue merupakan…the best part of the marriage…karena gue telah tiba di satu titik dimana gue merasa nyaman dan gak perlu takut untuk jadi diri sendiri.

Pada saat ini, walaupun gue berantem heboh ama abah atau lagi bete banget ama abah, tapi jauh di lubuk hati gue yang terdalam…deep down inside…gue yakin dan percaya bahwa pada akhirnya semua akan baik baik aja…

You can call me stupid…but I do believe in happy ending

******************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************
Alasan saya memilih postingan ini,
1.       Kebetulan saya juga suka banget sama yang namanya StandUpComedy, dan kebetulan juga saya lagi nyari konsep 3 ini, eh...eh...eh malah ketemu disini. Saya baru tahu kalo nama konsepnya itu Rules of Three. (makasih ya Bibi titi)
2.       Mau tau nggak, bi? Ternyata setelah aku inget-inget lagi, ternyata dalam buku yang berjudul ‘SMART PUBLIC SPEAKING’ ku juga nyeritain konsep kayak gini (Aturan Tiga Hal). Dan pada saat itu juga aku anilisa ternyata ada perbedaannya juga.

Perbedaannya ialah jika Aturan Tiga Hal di SUC itu diakhiri dengan twist, kalo ini tidak. (maaf ya bi kalo aku sok ilmiah, he....he....he). Tau nggak bi, siapa comic yang sering banget make Aturan Tiga Hal ini? Tau nggak? Kayaknya bibi titi nggak tau ya? (hihi.....hihi)

Yang suka make konsep Aturan Tiga Hal yang aku tahu sering banget dipake ama Bang Jui. Makanya Bang Jui sering banget diundang ke Metro.

Dalam bukuku SMART PUBLIC SPEAKING, ternyata konsep ini cukup ampuh memengaruhi seseorang yang mendengarnya, hingga menjadi bagian terpenting dalam pidato. Dan Bapak Presiden Amerika yaitu Obama, juga make Aturan Tiga Hal ini. Nih saya kasih tau.

Akankah kita memperjuangkan hak-hak asasi manusia para penentang kekuasaan militer di Burma(1), para blogger di Iran(2), atau para pemilih di Zimbabwe(3)?”

Aturan tiga hal ini juga dipake oleh Julius Caesar, “Veni(1), Vidi(2), Vici(3)

Oh iya, bi. Aku juga pernah make Rules of Three dalam StandUpku kepada teman-temanku.
Ini sedikit berbeda dengan contoh yang diberikan oleh bibi, cuman tetep satu konsep (Rules of Three)

Situasinya, aku punya temen gendut namanya Suyudi.

“Hi, saya punya band. Nama bandnya ialah BAD (dibaca: bed), mempunyai tiga orang personil. Dalam bandku ini masing-masing personil punya nama julukan, saya...... julukannya Bad Boy (dibaca: bed boy). Temen saya Adit, julukannya Bad Mood. Satu lagi temen saya Suyudi, julukannya ialah................ BED ROOM. Ya karena badannya mirip ruang kamar tidur saya.”    *huaha...........hahaha*

Dan bi, saya mau mengkritik *sok-sokan jadi kritikus, padahal masih anak SMA biasa*
Tentang statement dari bibi yang mengatakan bahwa  Rules of Three adalah salah satu teori standup comedy yang bakalan gue bahas disini, tapi buat lucu lucuan aja lhooooNah yang mau aku kritik soal kalimat yang aku BOLD dan UNDERLINE, aku cuman mau ngasih tau bahwa tidak cuman buat lucu-lucuan aja Rules of Three dipakai tapi bisa dipakai dalam apa saja.

Udah ya bi segini aja. Kalo banyak curhatnya, aku minta maaf  *pease jari metal, \m/*. Oh iya, perlu bibi tau bahwa aku suka dengan angka 3 ini. Salam Hangat.

Comments

  1. Hai Yesaya :)
    Makasih udah ikutan GA ku yaah :)

    Wow! Jadi maksudnya Yesaya udah bikin buku tentang Smart Public Speaking gituh? Keren sekaliiii :)

    Dan aku juga suka sama teori Rules of three ini lho...karena memang bisa diterapkan dimana aja, termasuk kalo lagi nge blog...

    Udah dicatet sebagai peserta yah Yesaya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Bibi...... tapi pengarang bukunya bukan aku bi, jangan salah paham, ntar aku dihajar sama pengarang bukunya.

      he...he.....he

      Delete

Post a Comment

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih