Pages

Nutrisionis

Senin, 19 November 2012


Hayo disini siapa yang hobinya makan? Coba apakah kalian sering memperhatikan kandungan gizi yang ada dalam bungkus makanan atau Apakah kalian pernah meneliti makanan sehari-hari kalian? Kayaknya kebanyakan orang akan menjawab seperti ini. ‘Ya, saya hobi makan, Tidak, Tidak’. Pasti itukan jawaban kalian. Tapi jangan salah sangka dulu disini saya bukan menjelaskan makanannya tapi profesi yang menyangkut dengan kandungan gizi yang ada dalam makanan biasanya sih disebut ahli gizi bahasa kerennya nutrisionis.






Ahli gizi adalah profesional medis yang terlatih untuk memahami berbagai cara bahwa makanan memengaruhi tubuh manusia. Para profesional menggunakan pengetahuan mereka tentang biologi, makanan dan gizi untuk mengidentifikasi kebutuhan mereka sendiri. Karena semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya asupan gizi, maka profesi ini makin lama makin bersinar.

v Jobdesc
Ahli gizi mendesain rencana diet menu makanan setiap hari, menghitung jumlah vitamin, karbohidrat, lemak, mineral yang diperlukan, menghitung jumlah kalori yang harus dibakar, mengevaluasi diet untuk menentukan apakah mereka benar-benar membantu individu untuk tetap sehat dan atau menurunkan berat badan, dan mengajarkan orang untuk makan makanan sehat. Ahli gizi dapat mengkhususkan diri dalam mencegah dan atau mengobati suatu jenis penyakit atau gangguan (jantung, diabetes, pencernaan, obesitas, dll).

v Gaji
Penghasilan yang didapat seorang ahli gizi bervariasi, namun rata-rata berada pada kisaran Rp 2.000.000 – Rp 4.000.000. Kalau mereka banyak diundang sebagai pembicara di berbagai seminar mungkin jumlah penghasilannya akan semakin besar.

v Jenjang Karier
Ahli gizi bisa menjadi kepala divisi Research and Development (R and D), peneliti, dosen pangan dan gizi, bekerja sebagai konsultan diet, bekerja di klinik untuk member konsultasi bagi pasien obesitas, spesialis kesehatan masyarakat, dengan pendidikan tambahan (biasanya gelar master atau lebih tinggi) dan atau pengalaman.

v How to get it
Jurusan yang harus kamu masukin bila ingin jadi ahli gizi adalah jurusan ilmu gizi, yang sekarang udah mulai banyak di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

v Tempat yang membutuhkan
Lembaga riset pemerintah dan swasta, unversitas, perusahaan makanan atau minuman, perusahaan farmasi.


Setelah membaca informasi ini, siapa disini yang mau jadi nutrisionus? wah kayaknya banyak ya yang ingi jadi nutrisionis. Sebenarnya saya juga mau tapi nutrisionis ini menjadi opsi kedua dalam pemilihan jenjang karier saya. Oke sekian dulu kapan-kapan saya akan informasikan lagi wawasan tentang profesi. Salam IQRO.

Sumber : Buku Serba-Serbi Profesi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih