Pages

Tips Mudah Mencerdaskan Kemampuan Otak

Senin, 29 Oktober 2012
Terkadang banyak yang tidak menyadari bahwa ada beberapa cara untuk memaksimalkan kemampuan otak. Karena itulah saya tergerak hati untuk mempost Tips memaksimalkan otak dengan lima langkah mudah.
Berikut 5 cara sederhana untuk memaksimalkan kemampuan otak anda.



1. Membaca Buku
Pilihlah satu jenis buku yang disukai, apakah literatur klasik, fiksi ilmiah, atau buku pengembangan diri. Dengan cara ini otak akan bertambah kuat. Bacalah buku sebanyak mungkin. Menurut para ahli, keuntungan dari membaca buku dapat memberikan dampak yang menenangkan bagi otak kita. Membaca juga membantu meningkatkan keahlian kognitif dan meningkatkan perbendaharaan kosakata. Lakukan kegiatan membaca secara teratur maka kita akan merasakan informasi yang bisa diserap aka membuat kita menjadi pembicara yang menarik.





2. Bermain Video Games
Percaya atau tidak, memainkan video games tertentu bisa menjadi hal yang baik untuk kesehatan karena bisa mengembangkan kemampuan visual yang lebih baik dan membuat keputusan 85% lebih cepat daripada mereka yang tidak pernah atau jarang bermain video games. Seperti yang dikatakan oleh seorang ahli dari universitas Rochester, New York. Pemain games bisa membaca koran, mengenali pemandangan, atau mengambil objek tertentu lebih cepat dari mereka yang tidak pernah atau jarang mengenal video games.




3. Minum Kopi
Yang satu ini, mungkin anda berpikir “kok kopi?”. Percaya atau tidak mengonsumsi kopi bisa meningkatkan kemampuan mengingat sesuatu dan konsentrasi tetapi setelah 40 menit kemudian. Hasil riset pada binatang membuktikan bahwa kemampuan sebelum meminum kopi akan kembali lagi seperti semula. Jadi, sepertinya tidak perlu meminum kopi secara belebihan. Cukup satu cangkir kecil saja sudah cukup.





4. Carilah informasi menarik sebanyak-banyaknya
Banyak-banyaklah membaca koran, membaca artikel berwawasan di blog terutama di http://abanggoyes.blogspot.com , baca buku-buku yang dijual di toko buku atau di perpustakaan atau di tempat penyewaan buku. Menerima berbagai informasi setiap hari akan menambah data juga untuk otak. Sama halnya seperti sebuah komputer, semakin banyak data yang di-input maka semakin pintar komputer itu. Stimulasi secara mental dapat meningkatkan keahlian pemahaman kita.



5. Kunyit memang ampuh
Para peneliti dari Universitas California menemukan bukti bahwa zat kuning yang terkandung dalam masakan kari dapat mengurangi turunnya kualitas ingatan. Zat kuning dalam bumbu kari itu tentunya berasal dari kunyit, rempah yang sering digunkan para ibu rumah tangga di Indonesia. Sedikit dosis kunyit dapat melindungi otak dari penyakit alzheimer. Setidaknya hal ini sudah terbukti dari penelitian yang dilakukan terhadap tikus. Oleh karena itu, konsumsi kunyit yang tinggi berguna bagi kesehatan. Campurkan sedikit kunyit ke dalam setiap masakan, misalnya menggoreng tempe tepung dengan tambahan kunyit tentu akan lebih nikmat. Selain lebih sehat juga lebih indah tampilannya.

Sekian kawan. Saya tunggu kritik dan sarannya ya. TERIMAKASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih