Pages

Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil

Minggu, 07 Oktober 2012

Berikut ini saya berikan tips yang akan membantu anda untuk menghemat bahan bakar mobil anda. Pernahkah anda tiba-tiba kehabisan bahan bakar secara mendadak? atau terlalu boros dalam pembelian bahan bakar dibanding mobil kawan anda? Nah, mungkin saja itu terjadi karena anda tidak tahu cara menghemat bahan bakar anda. Karena itulah saya akan memberikan tips berikut ini kepada anda.


Sebelumnya, Mungkin sebagian dari anda sudah banyak yang tahu tentang ini, tapi mungkin saja diantara anda ada yang belum tahu. Mungkin dari beberapa tips ini ada beberapa tips yang berbeda daripada yang lain. Oke langsung saja simak tips berikut ini.

1.      Bertingkah seperti mata-mata
Hah? Mungkin itu yang anda ucapkan selagi melihat tips bertuliskan bertingkah seperti mata-mata. Lalu maksud dari kata-kata ini apa? Maksudnya adalah mobil kita agak sedikit berjarak di belakang mobil orang lain (ingat mobil bukan motor). Mengapa ini bisa membantu? Karena mobil kita tidak memecah belah angin, melainkan mobil yang di depanlah yang akan memecah angin. Sehingga mobil kita tidak terlalu bekerja ekstra. Ya mungkin ini terlihat seperti mata-mata, karena selalu mengintai di belakang, tapi sebenarnya hanya untuk menghemat bahan bakar.

2.      Mengisi Bahan Bakar pada Malam hari
Bagi anda yang suka berpergian malam atau sempat berpergian pada malam hari. Gunakanlah tips yang satu ini, jangan sampai tunggu siang baru diisi. Mengapa ini bisa membantu? Karena pada saat malam hari partikel bahan bakar akan merapat, sehingga volumenyapun akan bertambah. Mantap kan?

3.      Angkutlah secukupnya
Maksudnya ialah jangan terlau banyak membawa muatan, karena ini juga akan berpengaruh pada kinerja mesin. Ya, mungkin tips ini sudah pasaran. Tapi saya hanya sekedar mengingatkan kembali.

4.      Jangan mengerem mendadak.
Mengerem mendadak membutuhkan energi mesin yang cukup besar, jadi jangan lakukan ini. Lebih disarankan jika ingin memberhentikan mobil anda, sebaiknya secara perlahan-lahan karena tenaga yang akan dikeluarkanpun tidak akan semaksimal mungkin.

5.      Jangan berakselerasi secara tiba-tiba
Yang satu ini juga patut diperhatikan karena banyak orang yang masih belum sadar. Sebaiknya secara perlahan-lahan saja meanaikkan laju mobil.

6.      Kecepatan Konstan
Jangan terlau cepat dan jangan terlalu lambat sebaiknya konstan saja. Keadaan konstan berada pada kecepatan 50 sampai 60 km per jam. Hal ini sangat baik dilakukan. Jika kita selalu melakukan seperti ini dijamin deh pasti makin kerasa hematnya.

7.      Setengah lalu Penuhkan
Tips yang satu ini saya baru ketahui dan nampaknya jarang orang yang mengetahuinya. Maksudnya ialah jika fuel meter sudah berada di garis tengah, segeralah mampir ke SPBU terdekat untuk mengisi full tank. Karena jika banyak ruang kosong di tangki bahan bakar, maka kemungkinan menguapnya bahan bakar akan semakin besar.
 
8.      Matikan Mobil saat berhenti lama
Misalnya pada saat berhenti agak lama mending matikan saja mesinnya. Agak lama disini sekitar lima menitan keatas.

9.      Cukup 1 sampai 3 menitan
Nah, kalau dalam hal pemanasan mesin mobil saya sekedar mengingatkan panaskan sekitar 1 sampai 3 menitan. Ini juga cukup membantu penghematan.

Terapkan deh, 9 tips dari saya tadi, pasti deh hasilnya akan terasa banget. Sekarang pesan saya adalah ingatkan juga kawan yang lain tentang penghematan bahan bakar ini dalam obrolan santai anda kepada orang lain. 

Terutama kepada supir pribadi anda, supir taksi, dan supir angkutan umum. Agar kita tidak lagi krisis bahan bakar. Jika kita amati, kita bisa lihat bahwa masih banyak orang atau supir-supir yang mengebut pada saat berkendara.

Ini tentunya sangat tidak baik. Diperparah lagi dengan banyaknya sekarang ini remaja yang mempunyai motor. Jika saudara mempunyai anak ada baiknya jangan anda memberikan motor secara Cuma-Cuma (sekedar jalan-jalan), lebih baik gunakan untuk mereka pada saat berkendara jauh atau pada saat malam hari. Selebihnya mending naik angkutan saja. Terimakasih.

6 komentar:

  1. Wah tips yang sangat bermanfaat nieh gan, terimakasih ya tipsnya akan segera ane praktekan dah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. SIP dehhh , smoga suksue saja praktiknya.

      Hapus
  2. wah..
    keren nih infonya, bermanfaat sekali.

    #Salam sukses dari saya

    BalasHapus
  3. tipsnya layak dicoba bagi pengendara mobil

    BalasHapus

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih