Pages

5 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar

Selasa, 21 Agustus 2012


Oke kali ini ane akan memberi tahu 5 tips meningkatkan motivasi belajar. Ini tips saya dapet dari modul PKn dan beberapa dari ide-ide saya. Jadi nggak salah kan kalo saya bagi-bagi ilmu, oke langsung saja.
Motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila orang tersebut tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya. Oleh karena itu, dibutuhkan pengkondisian tertentu, agar diri kita atau siapapun juga yang menginginkan semangat untuk belajar dapat termotivasi. Berikut 5 tips untuk meningkatkan motivasi belajar.

1.     Bergaulah dengan orang-orang yang senang belajar
Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kita pun gemar belajar. Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar.
2.     Belajar keterampilan
Belajar keterampilan membuat kita paham akan tentang teori yang ada. Dalam belajar keterampilan inipun kita juga harus mau bekerja sama dengan orang lain, sehingga kita akan saling bantu-membantu dari segi informasi, ekonomi, ataupun usaha dalam jasa.
3.     Belajar dari banyak sumber
Kita bisa mempelajari yang kita inginkan dari buku atau dari internet atau dari pembicaraan dengan teman kita. Carilah informasi sebanyak-banyaknya niscaya kamu akan lebih termotivasi untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dan hal-hal baru.
4.     Bergaul dengan orang-orang yang polah hidupnya baik
Orang-orang yang hidupnya berpolah baik biasanya hidupnya tenang-tenang saja (walaupun sebenarnya dia juga mempunyai masalah). Biasanya orang-orang seperti ini selalu berpikiran positif, jika kita mampu belajar berpikir positif dengan dia mungkin saja hidup kitapun terasa tenang dan damai.
5.     Carilah Motivator
Saya sarankan motivator disini ialah teman-temanmu atau orang tua atau pemuka agama atau orang sukses, jangan terlalu mencari motivasi dari buku atau internet lebih baik pertimbangkan atau kritisi dahulu jangan langsung ‘ambil saja’ karena biasanya motivasi dai buku atau internet kurang lengkap sehingga pemaknaannya bisa saja salah arti. Yang jelas bahwa motivasi itu penting. Sekian kawan TERIMAKASIH.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih