Pages

Cara Mengecek NISN siswa

Kamis, 23 Mei 2013

”image
Cara mengecek NISN siswa SD, SMP, dan SMANISN atau Nomor Induk Siswa Nasional tentunya anda sudah tahu bahwa NISN ini sangat perlu sekali untuk mendata siswa di seluruh penjuru tanah air Indonesia. NISN ini dikelola oleh Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Tujuan pemberlakuan NISN ini sebenarnya sederhana Tujuan dan Manfaat







1.      Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

2.      Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

3.      Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.



NISN inilah yang akan mempermudah penyaluran dana BOS. So, yang belu punya NISN buruan buat!! Dan yang sudah punya cek dulu, kali aja data nama atau tempat, tanggal lahir, atau bahkan jenis kelaminnya beda dengan ijazah. Pokoknya data NISN itu harus sesuai dengan izasah milik kita. Nah berikut cara mengeceknya:



Tentunya anda harus masuk ke website http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data


Ada 2 langkah

Langkah 1, dengan memasukkan nomor NISN kalian ke kolom Pencarian Berdasarkan NISN (Jika kurang jelas silahkan lihat gambar)


Langkah 2, dengan memasukkan nama tempat lahir dan tanggal lahir.


Jika terjadi kesalahan baik itu nama atauapapun silahkan laporkan segera ke wali kelas kalian! Sekian cara mengecek NISN siswa. Semoga artikel cara mengecek NISN siswa ini bermanfaat bagi kita semua.



4 komentar:

  1. Sipppp,,terimkasih sobat atas infonya,,ini sangat berguna sekali buat siswa yg pindah sekolah namun ngak sempat datang kesekolah asalnya,,

    BalasHapus
  2. untuk lulusan 2007 kok nggak ada ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, maaf saya tidak tahu tentang itu. Kawan bisa tanyakan langsung ke website nisn

      Hapus

1. Anda boleh berkomentar memakai 'Name/URL'
isi kolom Name dengan 'keyword' blog anda! guna optimasi blog
2. Jangan SPAMMING!!!
3. Dan jangan masukkan LINK aktif

Silahkan berkomentar! Terimakasih