Bertanding Catur di POLBAN

Tanggal 18 dan 19, hari Sabtu dan Minggu, berlangsung pertandingan catur beregu, umum, dan junior yang diselenggarakan oleh POLBAN. UNPAD sendiri mengirim 5 tim, 1 tim terdiri dari 4 mahasiswa. Sistemnya memakai waktu 25 menit. Saya sendiri baru pertama kali mengikuti turnamen catur beregu seperti ini, jadi tak heran sepanjang pertandingan rasa cemas itu terus menghantui.

Hari pertama berlangsung 3 kali tanding. Babak 1, tim saya melawan tim UNPAS, pertandingan ini saya mengalami kekalahan. Ada kejadian yang berkesan pada pertandingan tersebut. Jadi lawan saya ini mahasiswa baru sama seperti saya, dia nampaknya belum tahu men-set jam waktu milik timnya. Ketika bertanding, saya heran, "lha kok waktu dia  masih 25 menitan," sementara saya sudah di kisaran 19 menit. Saya pun langsung memanggil wasit, wasit men-set ulang waktu menjadi 21 menit untuk saya dan dia.

Pertandingan kedua tim saya melawan salah satu tim dari UPI, pertandingan ini saya berhasil mendapat kemenangan. Lawan saya ini ternyata satu daerah asal dengan saya yaitu Kuningan - JABAR. Pertandingan ketiga tim saya melawan tim dari UNIKOM. Dalam pertandingan ketiga, saya mengalami kekalahan, padahal saya bisa saja memenangkannya, apa daya, saya salah prediksi dan ragu-ragu melangkah saat itu, hebatnya lawan saya sangat lincah memanfaatkan kesempatan tersebut. Hari pertama selesai, cukup melelahkan dan berkesan.

Hari kedua berlangsung 4 kali bertanding. Babak 4, tim saya melawan tim dari Semarang, saya lupa nama universitasnya, yang jelas disini saya juga mengalami kekalahan, padahal saya unggul materi, ini menjadi pelajaran tersendiri bagi saya untuk mengembangkan permainan. 

Babak 5, tim saya melawan tim Jember, pertandingan ini saya kalah. Babak 6, tim saya melawan salah satu tim dari POLBAN, sama kalah juga. Dan babak 7, tim saya melawan salah satu tim lain dari POLBAN, saya mendapat kemenangan, akhir yang manis memang.

Turnamen ini sangat berkesan dan menjadi pengalaman tersendiri bagi saya. Kesempatan ini sangat berharga untuk memupuk mental juara. Saya pun akan berusaha lagi untuk meningkatkan kemampuan bermain catur.

Comments